5 Gaji BUMN Ini Besar, Ada yang Mencintai Ratusan Juta!

Selain dibukanya CPNS, para pencari kerja selalu menunggu lowongan perusahaan BUMN. Maklum, tawaran gaji BUMN yang tinggi membuat banyak orang tergiur.

Selain alasan tingginya gaji BUMN, bekerja di badan usaha yang modalnya dimiliki negara ini akan memberikan berbagai keuntungan bagi seseorang. Apalagi, ada BUMN yang menawarkan pendidikan gratis bagi karyawannya.

Dan yang terpenting, jalur kariernya juga jelas. Jadi, peluang Anda untuk mengejar karir terbuka lebar.

Setiap tahun ada kebutuhan tenaga kerja dari perusahaan BUMN. Jadi jika Anda tertarik ingin berkarir di perusahaan negara ini, berhati-hatilah dalam memantau informasinya. Pasalnya, pelamar bisa mencapai puluhan ribu orang sehingga otomatis persaingan semakin ketat.

Alur pendaftaran rekrutmen dengan BUMN

Buat kamu yang masih mencari pekerjaan, baru saja lulus atau mungkin ingin pindah kerja di BUMN, simak saja cara-cara mendaftar rekrutmen BUMN berikut ini:

Jalur penerimaan pekerjaan BUMN terbagi menjadi tiga, yaitu:

Reguler untuk lulusan SMA / SMK, SMK, diploma, sarjana dan pascasarjana.

Bakat penyandang cacat

Anak laki-laki dan perempuan dari Indonesia Timur (Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur / NTT, dan Nusa Tenggara Barat / NTB).

Alur penerimaan dan cara mendaftar adalah:

Buka website https://rekrutbersama.fhcibumn.com

Klik “Buat Akun”. Kemudian masukkan nomor KTP, alamat email, ketik ulang email, kata sandi atau kata sandi Anda, dan ketikkan kata sandi Anda lagi

Setelah selesai, klik “Buat Akun”

Isi dan lengkapi data pribadi Anda

Pilih program rekrutmen yang ingin Anda ikuti, apakah Reguler, Disabilitas, atau KTI

Setelah memilih program, selanjutnya mengisi ijazah kesehatan atau sertifikat disabilitas

Saat biodata sudah terisi, sistem akan melakukan seleksi administratif.

Setelah registrasi, tahapan selanjutnya adalah Tahap Recruitment dengan tahapan sebagai berikut:

Seleksi Awal

Seleksi Administratif

Tes Nilai BUMN.

Pemilihan Kemampuan Dasar

Pilih tiga posisi / BUMN sesuai minat dan bakat Anda

Tes Online (Numerical Verbal and Spatial)

Setiap BUMN memiliki kuota pendaftaran. Jangan lupa segera daftar.

Seleksi BUMN

Seleksi di masing-masing BUMN (tahapan tes sesuai dengan kebijakan masing-masing perusahaan seperti tes kemampuan sesuai posisi yang dipilih dan wawancara manajemen).

Tunggu pengumumannya

Setiap hasil tes yang dilakukan pada setiap tahapan akan diumumkan melalui website https://rekrutbersama.fhcibumn.com dan dikirimkan ke email yang terdaftar.

Jika menemui kendala saat mengikuti program Rekrutmen BUMN Bersama, Anda dapat menanyakan channel helpdesk yang telah disediakan, yaitu: twitter: @fhcibumn, instagram: forumhumancapitalindonesia, atau helpdeskppb@fhcibumn.com.

Ada beberapa BUMN yang menjadi incaran banyak pencari kerja. Infonya, perusahaan-perusahaan ini berani membayar gaji besar. Apa perusahaannya? Berikut adalah daftar perusahaan ditambah gaji mereka:

  1. KAI

PT Kereta Api Indonesia (KAI) merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara yang pencari kerjanya menunggu lowongan. PT KAI berani memberikan gaji sampai dengan Rp. 13 juta per bulan bagi yang melamar menjadi masinis.

Ditambah lagi, ada fasilitas pendidikan yang bertahan selama enam bulan hingga satu tahun. Enak banget!

Dikutip dari job like, pegawai PT KAI rata-rata mendapatkan gaji di kisaran Rp 3,5 – Rp 6 juta. Hal tersebut masih ditambah dengan berbagai manfaat. Misalnya, tunjangan anak dan istri, tunjangan rumah, tunjangan transportasi, tunjangan kinerja, dan tunjangan lainnya.

Sedangkan gaji tertinggi yang ditawarkan PT KAI untuk posisi Executive Vice President adalah Rp 42,5 juta. Kemudian ada posisi manajemen Rp. 17.9 juta, Senior Manager Rp. 28,4 juta, untuk General Manager Rp. 28,5 juta.

Besarnya gaji tersebut belum termasuk THR dan hari ulang tahun yang masing-masing mendapat tunjangan sebesar satu gaji. Ada juga tunjangan lain, seperti tunjangan perumahan, tunjangan transportasi dan rekreasi.

Apakah Anda tertarik berkarir di PT KAI? Cek saja lowongannya di recruitment.kai.id. Di sana, PT KAI akan mengumumkan soal perekrutan karyawan baru.

  1. Bank Mandiri

Badan Usaha Milik Negara berikutnya yang paling sering diincar para pencari kerja adalah Bank Mandiri. Banyak informasi yang beredar bahwa Bank Mandiri termasuk salah satu bank yang memberikan gaji besar. Karena itu, banyak orang yang mencari lowongan kerja dari BUMN ini.

Bagi yang baru lulus, Anda bisa memanfaatkan kesempatan untuk mengikuti program Management Trainee dengan gaji sekitar Rp. 5,3 juta. Itu hanya gaji lulusan baru. Gaji untuk para direktur bisa lebih tinggi. Bahkan, nominalnya bisa mencapai Rp 271 juta per bulan. Wah, besar banget ya? Melebihi gaji Presiden.

Untuk beberapa posisi lainnya, kamu juga mendapatkan porsi gaji yang tidak sedikit, lho. Untuk ODP-Assistant Manager Rp. 6,5 juta, Senior Software Developer Rp. 8 juta, Auditor Rp. 9,2 juta, Senior Relationship Manager Rp. 12,4 juta, Kepala Cabang Rp. 14 juta, Pimpinan Cabang UKM Rp. 17,6 juta, dan Manajer Area: Rp. 29 juta.

Manfaat yang diberikan Bank Mandiri kepada karyawannya juga cukup banyak, mulai dari asuransi, bonus tahunan, hingga bonus uang cuti setiap tahun. Jika Anda tertarik untuk bekerja di Bank Mandiri, daftar saja di mandiricareer.net.

  1. BTN

Tawaran dari BTN pun tak kalah menggoda dengan tawaran dari Bank Mandiri. Seperti dilansir Detik, BTN berani memberi gaji Rp. 6-8 juta untuk yang mengikuti program Officer Development Program (ODP). Program ini hanya dikhususkan bagi yang berstatus fresh graduate dan harus siap ditempatkan di seluruh cabang BTN nantinya.

Gaji tertinggi jelas diterima direksi yang mencapai Rp. 187 juta per bulan. Sedangkan bagi yang menduduki jabatan manajerial akan mendapatkan gaji sekitar Rp. 10 juta sampai dengan Rp. 28 juta.

Selain gaji pokok, karyawan juga mendapatkan berbagai tunjangan, seperti tunjangan insentif kinerja, tunjangan istri, tunjangan anak, tunjangan perumahan, tunjangan kematian, tunjangan daerah dan lain-lain.

Bagi Anda yang sedang mencari lowongan kerja BTN bisa melihatnya di recruitment.btn.co.id.

  1. Pertamina

Sudah menjadi rahasia umum bahwa perusahaan pelat merah ini memberikan gaji yang besar kepada karyawannya. Tingkat pegawai di Pertamina mendapatkan gaji sekitar Rp. 4-7 juta per bulan.

Gaji tertinggi di perusahaan ini adalah Rp 75 juta yang diberikan kepada posisi General Manager. Kemudian ada posisi Drilling Supervisor dengan gaji Rp 55 juta, Direktur Rp 47,5 juta, dan Manajer Pengadaan Rp 42,5 juta.

Manfaat yang diberikan Pertamina juga tidak kalah menarik. Misalnya, pesangon pensiunan, dana pensiun, kendaraan dinas, perumahan dinas, tunjangan kesehatan, tunjangan makan, dan bonus.

Pelamar di Pertamina bukan hanya fresh graduate lho. Ada juga yang sudah berpengalaman di bidangnya. Pertamina juga dinilai sebagai BUMN yang paling diincar oleh fresh graduate untuk mengirimkan lamaran.

 

Begitu antusias masyarakat, banyak muncul lowongan palsu yang mengatasnamakan Pertamina. Agar tidak tertipu, cari saja di recruitment.pertamina.com.

  1. BRI

Bank BUMN yang tak kalah menarik dalam memberikan gaji adalah BRI. Untuk level staf, BRI memberikan gaji mulai dari Rp 4 hingga 6 juta. Semakin tinggi karir Anda, semakin besar gaji yang Anda terima.

Gaji tertinggi di BRI dipegang oleh direksi yang setiap bulan menerima Rp 220 juta. Kemudian ada posisi Senior Manager yang gajinya Rp 32,5 juta, Senior Auditor Rp 25,5 juta, Assistant Vice President Rp 25 juta, Branch Manager Rp 22,8 juta, hingga S